You are here
Home > Formasi CPNS Daerah > Formasi CPNS : Pemerintah akan Wujudkan Mal Pelayanan Publik

Formasi CPNS : Pemerintah akan Wujudkan Mal Pelayanan Publik

FormasiCPNS.com : Berita CPNS kali ini bersumber dari Kemenpan, dimana pemerintah terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik salah satunya dalam hal infrastruktur yaitu dengan membangun mal pelayanan publik.
Catatan: Bagi Anda yang ingin belajar soal-soal CPNS 2017, bisa join situs SoalCPNS.com.
Untuk berita selengkapnya simak berikut ini :

AMBON – Kementerian PANRB terus mendorong instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk terus menerus melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik. Salah satunya dengan mendorong terbangunnya mal pelayanan publik, sehingga masyarakat tidak direpotkan. “Cukup datang ke satu tempat semua pelayanan bisa diperoleh,” ujar Menteri PANRB Asman Abnur dalam seminar inovasi pelayanan publik di Ambon, Rabu (08/02).

Dikatakan, mal pelayanan publik sudah berhasil dikembangkan di Azerbaijan, sebuah negara kecil yang cepat berkembang, meskipun usianya masih relatif muda. Untuk itu, Menteri mengajak instansi pemerintah, terutama Pemda untuk mencontoh yang sudah dilakukan negara tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa mengatakan perlunya reward bagi pegawai negeri yang melakukan dan menumbuh kembangkan inovasi pelayanan publik di instansinya. “Reward itu bisa diwujudkan dalam bentuk promosi jabatan,” ujarnya dalam seminar yang merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nadional (HPN) 2017 tersebut.

Diah menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Maluku Said Assagaff yang telah mengembangkan sejumlah inovasi. Tetapi ia berharap agar inovasi itu bisa lebih dikembangkan lagi, sehingga memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

Menurut Gubernur, Inovasi yang dilakukan di Maluku antara lain sistem pelayanan pasien gawat darurat secara terpadu di rumah sakit. Tahun 2016, Gubernur Maluku dinobatkan sebagai salah satu dari enam kepala daerah yang inovatif di bidang sosial kemasyarakatan. Adapun inovasi yang dilakukan adalah menciptakan kerukunan antar umat, yakni membangun perkampungan multi etnis /kultur. “Inovasi ini akan menjadi laboratorium kerukunan antar etnis dan suku bangsa,” ujarnya.

Said Assegaff juga tampak sumringah, karena sejak tanggal 3 – 10 Februari ini Ambon menjadi foks perhatian dari pemerintah pusat, dengan digelarnya HPN di ibukota Provinsi Maluku ini. Betapa tidak, hotel-hotel di Ambon penuh, perekonomian pun menggeliat. “Kami mohon maaf kalau ada sementara pejabat penting dari pusat dan berbagai daerah tidak kebagian kamar hotel. Bahkan di rumah Dinas Gubernur juga penuh,” imbuhnya.

Momentum HPN di Ambon tahun ini, diharapkan mampu memotivasi warga masyarakat Kota Ambon untuk bangkit untuk meningkatkan kesejahteraan. Dan bagi aparatur negara, Menteri Asman Abnur menekankan perlunya melakukan perubahan mindset, sehingga menjadi pelayan bagi masyarakat yang baik. “Layani masyarakat dengan baik dan ramah karena masyarakat adalah majikan,” imbuhnya. (ags/HUMAS MENPANRB)

Sumber

Top